Aturan black list pengadaan barang terbit April 2011

JAKARTA: Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menargetkan peraturan tentang daftar hitam (black list) dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah bisa diterbitkan paling lambat bulan depan.

Kepala Subdit Barang dan Jasa LKPP Gusmelinda Rahmi mengatakan saat ini draf peraturan tentang sanksi black list masih dalam tahap finalisasi.

“Mudah-mudahan bisa dirilis paling lama April nanti,” katanya, hari ini.

Menurut dia, peraturan Kepala LKPP tentang sanksi black list merupakan salah satu peraturan pelaksana Peraturan Presiden (Perpres) No. 54/2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Merujuk pada draf awal dari aturan itu, sanksi black list dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah akan diberikan tidak hanya kepada perusahaan tetapi juga direktur hingga tenaga ahlinya.

Ketentuan itu berbeda dengan praktek yang berlaku selama ini dengan sanksi black list hanya dikenakan kepada perusahaan sehingga ketika perusahaannya di-black list maka biasanya direkturnya akan membuat perusahaan baru agar bisa mengikuti tender lagi.

Masih menurut draf awal, sanksi black list yang dijatuhkan akan berlaku secara nasional sehingga satu instansi pemerintah telah mem-black list sebuah perusahaan dan direkturnya maka seluruh kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah di seluruh Indonesia tidak bisa lagi diikuti.

Menurut Kepala LKPP Agus Rahardjo, lambannya proses penerbitan aturan tersebut disebabkan terbatasnya jumlah tenaga yang dimiliki oleh LKPP. “Tenaga yang ada masih konsentrasi mengerjakan draft RUU Pengadaan,” ungkapnya. (hwi)

Sumber: lkpp

 

About these ads

2 comments on “Aturan black list pengadaan barang terbit April 2011

  1. Ping-balik: Aturan Black List Pengadaan Barang Terbit April 2011 | Watashiwa Miazawa, CV

  2. Ping-balik: Ajira Miazawa - Aturan Black List Pengadaan Barang Terbit April 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s