Banyak UKM Rohul Terkendala Modal

Sabtu, 30 Oktober 2010 07:47

Keberadaan UKM di Rohul terbukti mampu menjadi salah satu pilar ekonomi, sayangnya masih banyak sektor usaha mikro ini terkendala modal.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Ribuan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang beroperasi di kawasan Kabupaten Rokan Hulu, masih keluhkan keterbatasan modal usaha.

“Sebagian besar UMKM masih mengeluhkan keterbatasan modal usaha. itu sering mereka laporkan ke pihak kita,” ungkap Abdul Haris, Kepala Bidang usaha kecil menengah (UKM) Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Rohul, Jum’at (29/10/10).

Jelas Haris, keterbatasan modal para pelaku UMKM adalah masalah klasik dan sudah terjadi beberapa tahun di Indonesia. Kata dia, pihak Diskoperindag Rohul sudah berusaha mencari dana dari berbagai sumber, namun hasil sampai sekarang belum maksimal.

“Kita berharap ada pihak ketiga yang bersedia memberikan bantuan dana, untuk tambahan modal pengembangan usaha pelaku UMKM di Rohul, sehingga usaha berkembang maksimal, apalagi mereka masih produktif,” tutur Haris.

Dikatakan Haris, pihaknya sangat siap menjadi fasilitator bagi pelaku UMKM Rohul untuk mendapatkan dana tambahan modal usaha dari pihak ketiga. Sudah ada beberapa perusahaan yang bersedia membantu modal usaha, namun dana belum mencukupi untuk UMKM yang ada.

Dari data Diskoperindag Rohul, jumlah pelaku UMKM di Rohul tersebar di 16 kecamatan. Pada tahun 2009 lalu terdapat 4.619 orang yang terdiri 2.054 UMKM, telah memiliki asset sekitar Rp90,5 miliar, dan sudah menyerap 4.619 tenaga kerja.

UMKM terbanyak di Kecamatan Ujung Batu 393 UMKM, Tambusai Utara 244 UMKM, Rambah 214 UMKM, dan Kecamatan Rambah Hilir 146 UMKM, Sedangkan UMKM sedikit terdapat di Kecamatan Bonaidarussalam hanya 15 UMKM dan Kecamatan Kepenuhan Hulu 28 UMKM.

“Sebagian besar UMKM di Rohul bergerak pada bidang perdagangan, industri dan jasa. Pada akhir tahun 2010, kita prediksi akan mengalami peningkatan jumlah UMKM sebesar 15 -20 persen atau mencapai sekitar 2.362 UMKM.***(zal)

Sumber: RiauTerkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s