Inilah Foto Candi Bawah laut Yang Menghebohkan Di Twitter dan Indonesia! + Penjelasan

Posted by dimazm on August 5, 2010

Dua hari ini Twitter dihebohkan dengan foto candi dibawah laut yang sangat indah dan keren. Di dalam foto tersebut terlihat pemandangan bawah laut yang sungguh mempesona dimana candi dan gerbangnya berdiri dengan megahnya di dalam air. Foto ini bahkan menyita pernahtian dari Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) dimana budpar akan menyelidiki kebenaran informasi itu.
“Kalau perlu akan membawa ke pakar telematika,” kata Direktur Arkeologi Bawah Air Kemenbudpar Surya Helmi pada detikcom, Rabu (4/8/2010).
Menurut pakar telematika, Surya, dirinya mengaku bahwa sudah mengetahui foto tersebut sekitar 1 atau dua bulan lalu. Dalam foto tersebut pakar telemakita ini menilah kejernihan airnya sangat luar biasa sehingga perlu dibuktikan kebenarannya apakah benar ada candi di dasar laut. “Apalagi arus air di situ cukup kuat,” katanya.
Lokasi dari candi tersebut disebut-sebut di jejaring sosial twitter letaknya berada di perairan antara Jawa dan Bali alias Selat Bali.
Di foto-foto yang beredar di twiter tersebut terdapa dua versi foto. Gambar pertama terlihat terdapatnya tumpukan batu-batu sebagaimana layaknya candi. Meskipun terlihat berlumut di candi tersebut tetapi masih terlihat bentuk asli candi tersebut. Bahkan terlihat ada seorang penyelam yang sedang berenang mendekatinya. Gambar lainnya memperlihatkan gapura tinggi seperti yang banyak dijumpai di Bali. Mungkin ini jugalah yang menimbulkan orang-orang berspekulasi bahwa itu terletak di Selat Bali. Banyak sekali komentar-komentar di twitter tersebut, beberapa diantaranya: “apa benar nech foto?” Ada pula komentar yang mempertanyakan apakah Indonesia bagian dari Atlantis.
Penjelasan :

“Saya Ngakak Dengar Berita Candi Bawah Laut”

Sebuah foto di situs microblogging kemarin Twitter menghebohkan Indonesia.Tampak patung-patung mistis dewa-dewa — dengan wajah tertutup lumut– berdiri di kedalaman 100 kaki dasar laut. Di belakangnya nampak ornamen pagar candi.

Rumor pun berhembus. Ada yang berspekulasi masih ada lebih dari 10 candi serupa terendam di lautan antara Jawa dan Bali. Media-media lokal bahkan menghubung-hubungkannya dengan penemuan kota ‘Atlantis yang Hilang’.

Belakangan, dipastikan bahwa semua dugaan dan spekulasi itu salah kaprah.

Itu bukan foto candi bawah laut, apalagi petunjuk keberadaan kota misterius Atlantis.

Seperti dimuat Telegraph, itu hanyalah taman bawah laut yang dibangun penyelam Inggris untuk menghibur para kliennya.

Paul Turley (43), ‘menenggelamkan’ kota pada 2005 sebagai bagian dari atraksi turis yang sedang berkunjung ke sekolah selamnya di Permuteran, di barat laut Bali.

Dia dan koleganya dari Australia, Chris Brown juga membangunnya sebagai rumpon, terumbu karang untuk konservasi laut.

Para penyelam yang mengunjungi ‘candi bawah laut’ akan menyumbang ke proyek Reef Gardener — yang bertujuan melatih nelayan lokal yang menganggur untuk memelihara karang dekat dengan situs menghebohkan itu.

“Ketika mendengar cerita penemuan ‘candi bawah laut itu’ saya ngakak [tertawa terbahak-bahak],” kata Turley ketika dikontak Daily Telegraph.

“Kami menenggelamkan taman candi itu sebagai ide menyenangkan, membuat sesuatu yang berbeda. Klien kami yang menyelam ke sana menyukainya.”

“Publikasi yang kami lakukan mungkin tak terlalu bagus, karena jarang yang tahu soal situs itu — tapi kini misteri besar telah terkuak,” tambah Turley.
Sumber: uniqpos.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s