Edaran Menpan, Tahun Ini Rohul tak Terima CPNS Baru

Senin, 01 November 2010 – 07:04:56 WIB
PASIRPENGARAIAN (rokanhulunews.com) – Tahun 2010 ini, diperkirakan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tidak melaksanakan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari pelamar umum, menyusul adanya surat Menteri aparatur negara (Menpan) agar melakukan dulu penataan tenaga honorer yang jumlahnya mencapai 6.660 orang.

Penegasan itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BKD) Rohul, Hj Sri Mulyati SSos, didampingi Kabid Aparatur Khaidir, Senin (1/11), saat ditanya mengenai penerimaan CPNS dari pelamarr umum di Rohul.

”Kita semula sudah mengajukan usulan untuk penerimaan CPNS di Rohul, sebanyak 2.600 orang. Namun, dengan adanya surat edaran Menpan No.05/2010 bulan Juni 2010, agar dilakukan dulu penataan tenaga honorer yang masih banyak di Rohul. Sehingga, usulan penerimaan tahun ini diperkirakan belum bisa dilaksanakan,” terang Sri Mulyati.

Dikatakannya lagi, saat ini jumlah tenaga honorer di Rohul mencapai 6.660. Dimana sebanyak 2.920 orang, merupakan tenaga honorer APBD Rohul dan APBN yang masuk kategori I. Sedangkan 3.690 lainnya, merupakan tenaga honorer non ABPD dan non APBN kategori II.

”Untuk tenaga honorer kategori I, sudah diusulkan mengikuti tes khusus yang nantinya diusulkan menjadi CPNS. Kemudian, dari yang telah kita usulkan 110 orang, 60 orang telah diverifikasi dan validasi. Sementara pada tenaga honorer kategori II, saat ini masih tahap pendataan kepada sekitar 1.000 tenaga honorer,” ungkapnya.

Dasar hukum untuk pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) No.48/2005 dan PP No.43/2007.
”Padahal usulan untuk penerimaan CPNS dari pelamar umum, kita yang mengusulkan pertama kalinya pada Mei 2010, namun setelah usulan itu adanya surat edaran Menpan ke kita agar memprioritaskan dulu tenaga honorer yang ada di Rohul untuk jadi CPNS,” ungkap Sri Mulyati.

Bagi tenaga honorer 1.000 orang kategori II, saat ini sedang dilakukan pendataan di masing-masing Satker, dengan melibatkan tim verifikasi dari Inspektorat untuk keabsahan data. Nantinya, data verifikasi tersebut sebagai persayaratan untuk mengikuti proses lebih lanjut, setelah itu kembali diproses dan verifikasi oleh pusat, sehingga dari 1.000 orang belum tentu seluruhnya lolos.

”Setelah diverifikasi, dilakukan tes lagi tapi khusus yang tenaga honorer dengan masa kerjanya terhitung dari 1 Januari sampai 31 Desember 2005, atau masa kerjanya minimal 1 tahun. Dimana honorer kategori I, yang bekerja melalui SK Bupati dan kepala dinas, sedangkan kategori II honorer non APBD dan APBN dengan batas usia 19 hingga 46 tahun, terhitung pada tanggal 1 Januari 2006, minimal usia 19 tahun dan maksimal 46 tahun juga terhitung 1 Januari 2006,” kata Kepala BKD Rohul.

Bahkan saat ini, sesuai arahan Menpan, PNS dan CPNS Rohul sendiri jumlahnya mencapai 6.763 orang. Ditambah dengan jumlah tenaga honorer yang mencapai 6.660 orang, maka perlu ditata ulang.

”Dimana usulan tenaga honorer tersebut, nantinya untuk honorer yayasan dan swasta tidak termasuk di dalamnya. Sehingga, tahun ini kita hanya melakukan pendataan tenaga honorer, sedangkan penerimaan CPNS dari pelamar umum diperkirakan baru bisa dilaksanakan tahun depan,” jelas Sri Mulyati.(wan/fik*) 

Sumber: rokanhulunews.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s