5 Desa Sengketa Tetap Terima Anggaran Rohul

Senin, 29 Nopember 2010 17:49
PTUN Menangkan Kampar,

5 desa sengketa telah ditetapkan PTUN Jakarta Pusat masuk wilayah Kabupaten Kampar, meski demikian, kelima desa tersebut tetap masih menerima anggaran pembangunan dari Rohul.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs H Achmad M.Si, mengaku tidak ada dualisme kepemimpinan di lima desa perbatasan wilayah antara Kabupaten Rohul-Kampar. Sebab semua pembangunan di lima desa tersebut selama ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Rohul.

”Tidak ada, kepala desa ganda, kartu tanda penduduk (KTP) ganda dan dana pembangunan ganda di lima desa,” tegas Bupati Achmad, kepada riauterkini, dalam kunjungan kerjanya ke Desa Tanah Datar, Kecamatan Kuntodarussalam, Ahad (28/11/10) sore.

Kata dia, tiga desa di Kecamatan Kuntodarussalam, seperti Desa Tanah Datar, Intan Jaya, dan Desa Bukit Intan Makmur, serta dua desa di Kecamatan Pagarantapah Darussalam, yaitu Desa Rimba Makmur dan Desa Rimba Jaya, masih tetap masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Rohul.

”Setiap tahunnya, kita sudah alokasikan anggaran dana desa (ADD) setiap tahunnya ke lima desa, termasuk pembangunan infrastruktur, bidang pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Walau Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN), Jakarta Timur, sudah memutuskan lima desa di dua kecamatan masuk administrasi Kampar, namun Bupati Achmad tetap menyerahkan sepenuhnya keputusan akhir kepada Departemen Dalam Negeri (Depdagri) yang saat ini melakukan banding ke Pengadilan Tinggi PTUN, Jakarrta Timur.

”Kita sudah melaporkan melaporkan masalah konflik lima desa ke Departemen Hukum dan HAM, Jakarta. Dan saat ini, Mendagri masih melakukan banding ke PT PTUN Jakarta Timur, sementara ini status lima desa masih dalam wilayah administrasi Kabupaten Rohul,” terangnya.

Dalam kunjungan kemarin sore, Bupati Achmad, minta masyarakat tiga desa di Kecamatan Kuntodarussalam berdo’a, sehingga proses hukum berjalan lancar. Masyarakat juga diminta mengkondusifkan suasana, apalagi menjelang Pemilukada Rohul 16 Februari 2016 mendatang.

”Camat dan Kades, jangan asal terima bantuan dari daerah lain, termasuk pembangunan jalan, atau bantuan lainnya. Sebab masih dalam wilayah administrasi Rohul, apalagi komisi pemilihan umum (KPU) Rohul sudah memutuskan lima desa tetap ikut Pemilukada Rohul mendatang,” himbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, bupati menyerahkan bantuan untuk pembangunan kubah masjid setempat sebesar Rp5 juta. ”Saya mohon dukungan, agar program pembangunan lima tahun ke depan berjalan lancar,” harapnya.

**Pemkab Kampar Akui Dualisme Pemerintahan Desa** Bupati Kampar, Drs H Burhanuddin Husin, MM, melalui Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Setdakab Kampar, Nasruni, S.IP, mengaku jika pemerintahan di lima desa saat ini ganda, termasuk KTP warga.

”Sejauh ini, pemerintahan desa disana masih ganda, versi Kampar dan Rohul, begitu juga bantuan selama ini,” jelas Nasruni, via telepon kepada riauterkini, Senin (29/11/10) .

Diakui dia, selama ini Pemkab Kampar sama dengan Pemkab Rohul dalam hal memberikan bantuan ke lima desa. Setiap tahunnya, dalam hal pembangunan sekolah, penyediaan guru, penyaluran bantuan Anggaran Dana Desa (ADD) sebesar Rp280 juta, kesehatan, pendidikan, mobilitas Kades, jatah beras miskin (Raskin).

”Namun untuk tahun 2010 ini Raskin tidak kita ajukan, sebab pemerintah pusat menggunakan data Pemkab Rohul,” imbuhnya.

Ditanya riauterkini dengan putusan akhir PT PTUN, jika memenangkan lima desa masuk dalam wilayah administrasi Pemkab Rohul, Nasruni berkelit dan mengaku tetap optimis Pemkab Kampar memenangkan perkara tersebut.

”Kita sama optmisnya dengan Pemkab Rohul, jadi kita tunggu putusan akhir dari PT PTUN Jakarta Timur. Sebab Depdagri masih dalam proses melakukan banding,” katanya.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s