Puluhan Kader PD Minta Sukiman Dicoret

Senin, 13 Desember 2010 16:07
Usung Keranda ke KPU Rohul,

Puluhan kader Partai Demokrat (PD) mengusung keranda ke KPU Rohul. Mereka mendesak agar Sukiman dicoret dari daftar Balon peserta Pemilukada daerah tersebut.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sekitar 50 kader dan simpatisan Dewan Perwakilan Cabang Partai Demokrat (DPC PD) Kabupaten Rokan Hulu, Senin (13/12/10), datangi Kantor Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rohul, dan meminta KPU membatalkan dukungan PD terhadap bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati, Sukiman-Arisman.

Secara bersamaan, dengan demo masyarakat Bangunpurba, atas sengketa lahan dengan PT Sumatera Silva Lestari (SSL), di Kantor Bupati Rohul, pada pukul 10.30 Wib, puluhan kader dan simpatisan PD Rohul dengan menggunakan baju dan atribut PD, warna putih biru, datang ke Kantor KPU Rohul dan membawa keranda dengan ditutup kain putih, yang diartikan KPU Rohul sudah tidak independen lagi.

Dikatakan Kader Simpatisan DPC PD Rohul, Jenewa, didampingi Koordinator Lapangan Badan Pemenangan Pemilu Kepala Derah (Bappiluda) DPC PD Rohul, H Irfansyah, menyatakan merasa tersinggung dengan pernyataan Ketua Pokja Pencalonan Balon KPU Rohul, Ramzi Durin, yang sudah mengesahkan Sukiman-Arisman maju pada Pemilukada Rohul 16 Februari 2011 mendatang.

“Sukiman sudah dinon-aktifkan sebagai Ketua DPC PD Rohul pada tanggal 11 Nopember 2010 pada pukul 16.00 Wib, sementara di hari sama, ia mendaftar pada 17.45 Wib, ada sela 1,5 jam sebelum ia mendaftarkan diri. Seharusnya KPU mengacu pada surat DPP PD Jakarta tersebut,” tegas Jenewa, kepada Ketua KPU Rohul, Jonnaidi Dasa, Senin (13/12/10).

Dikatakan Jenewa, surat resmi DPP PD tertanggal 10 Nopember 2010 lalu merekomendasikan Achmad-Hafith Syukri (Asri) sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Rohul 2011 mendatang, sesuai Surat Keputusan (SK) DPP PD Nomor 233/RKMD/DPP.PD/XI/2010.

Begitu pun SK DPP PD Nomor 13/SK/DPP.PD/XI/2010, tertanggal 11 Nopember 2010, Sukiman sudah dinon-aktifkan sebagai Plt Ketua DPC PD Rohul, namun pada hari itu juga pukul 17.45 Wib, secara diam-diam Sukiman mendaftarkan diri ke Kantor KPU Rohul, bersama Ketua DPC Hanura Rohul, Arisman.

“Pemberhentian Sukiman oleh DPP PD sebagai Plt DPC PD disebabkan karena ia menyalahi dan melawan keputusan pusat. Sehingga kader dan simpatisan, tidak akan mendukungnya,” ujar Jenewa, kepada riauterkini, usai dialog dengan Ketua KPU.

Menurutnya, Ketua Pokja Pencalonan KPU Rohul, Ramzi Durin, terlalu nyeleneh mengambil keputusan, tanpa ada koordinasi dengan DPC PD Rohul. Jenewa tuding KPU Rohul ada apa-apa dengan Sukiman.

“Kenapa KPU Rohul melalui Ketua Pokja Pencalonan, melanggar SK DPP PD. Sepertinya Pokja tidak tercerahkan pikirannya soal masalah ini. Kita siap diajak dialog oleh KPU Rohul kapan saja, sebab sesuai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) PD, sudah jelas bagaimana mekanisme seorang Kader yang akan mencalonkan diri,” tegas Jenewa lagi.

Ketua KPU Rohul, Jonnaidi Dasa, mengatakan pihak masih melakukan Pra pleno. Kata dia, pencalonan Balon Sukiman sah, dan sudah dibawa ke komisioner KPU pusat.

“Sabtu depan kita sudah lakukan pleno terbuka untuk Balon, dan tanggal 19 Desember akan kita umumkan siapa Balon yang akan maju pada Pemilukada. Jadi atas laporan ini, akan kita masukkan dalam rapat pleno lusa,” jelas Jonnaidi.

Kepada wartawan, Jenewa mengaku tidak ada mendaftarkan Sukiman, ia minta Pokja berpikir logis dan fakta, sebelum meloloskan Sukiman. Sebagai kader simpatisan DPC PD Rohul, ia mendesak KPU Rohul untuk membaca, menyimak, dan memperhatikan SK DPP PD dalam hal pencalonan Bupati dan Wabup Rohul.

“Kita mendesak KPU Rohul untuk membatalkan, mencabut pernyataan yang disampaikan saudara Ramzi Durin, dan membatalkan Sukiman-Arisman pada Pemilukada mendatang, serta mengesahkan dukungan untuk Asri,” imbuhnya.

Ancam Jenewa, jika tuntutan tidak diperhatikan, dan dilaksanakan, maka segala kejadian ke depannya, DPC PD Rohul tidak bertanggungjawab. “Kami minta KPU Rohul tidak membuat resah kader dan simpatisan PD Rohul dengan mengeluarkan pernyataan tidak benar dan bohong,” himbaunya.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s