Kader PD Desak KPU Coret Sukiman

Rabu, 15 Desember 2010 16:55
Kembali Demo KPU Rohul,

Kader Partai Demokrat kembali mendemo KPU Rohul. Mereka mendesak KPU mencoret Sukiman dari daftar calon peserta Pemilukada.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN– Puluhan Kader dan Simpatisan Partai Demokrat (PD) Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (15/12), kembali mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul, menuntut agar pencalonan bakal calon (Balon) Sukiman-Arisman dicabut dari daftar calon Pemilukada 16 Februari 2011 mendatang.

Sekitar enam puluhan Kader dan Simpatisan PD Rohul datang ke Kantor KPU Rohul pada pukul 11.15 Wib, menggunakan puluhan sepeda motor dan mobil.

Dalam orasinya, mereka menyampaikan lima sikap kepada pihak KPU Rhul, yaitu Ketua Pokja Pencalonan, Ramzi Durin, dan anggota KPU Rohul lainnya diminta melakukan klarifikasi ke pihak DPP PD apabila benar PD Rohul memiliki dukungan ganda, dalam pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Rohul.

Kemudian, KPU Rohul diminta melakukan rapat pleno secara bijaksana dan dilandasi fakta yang telah disampaikan sebelumnya. Massa juga mendesak KPU Rohul untuk segera melakukan verifikasi ulang terhadap dukungan Sukiman-Arisman, mengenai dukungan dari DPP PD.

Selanjutnya mendesak KPU Rohul agar membentuk dewan kehormatan, serta memeriksa Ramzi Durin, yang dituduh merupakan pesanan dari kandidat atau memiliki unsur ekonomi dalam pencalonan tersebut.

Kelima, Kader dan Simpatisan mendesak KPU Rohul segera melakukan konsultasi ke pihak komisioner KPU Pusat, bukan kepada pegawai KPU yang tidak berkompeten yang sudah memutuskan permasalahan Pemilukada Rohul.

Untuk lebih didengarkan aspirasinya tersebut, sepuluh perwakilan Kader dan Simpatisan, berkesempatan duduk bersama dengan anggota KPU Rohul.

Dalam kesempatan duduk bersama itu, Ramzi Durin, membantah jika ia sudah berkomentar di media massa atasnama diri pribadi. Diakuinya, apa yang sudah dikatakan kepada wartawan adalah benar dan fakta, sebab merupakan suara seluruh anggota KPU Rohul, dari hasil rapat internal sebelumnya.

“Kita duduk sebagai anggota KPU Rohul digaji oleh pemerintah, setiap keputusan yang kita ambil merupakan keputusan bersama, bukan keputusan saya pribadi. Jadi tidak benar jika saya memberikan pernyataan kepada wartawan atasnama diri saya sendiri,” tangkis Ramzi Durin.

Suasana mediasi sempat memanas, tatkala Jenewar terus memojokkan Ramzi Durin. Namun karena ketatnya pengawalan kepolisian, dan sudah ada komitmen untuk tidak memicu kericuhan, penyampaian aspirasi dalam bentuk demo tersebut berjalan aman dan tertib hingga usai.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Jenewar meminta agar KPU Rohul bersikap bijaksana dalam setiap mengambil kesimpulan dan memutuskan sesuatu. Sebab pernyataan Ramzi Durin, beberapa waktu lalu di media massa sudah menyakiti hati Kader dan Simpatisan PD Rohul.

“KPU berjanji akan dilakukan konfrontir soal keabsahan Sukiman. Direncanakan, akan dilakukan pertemuan kedua belah pihak, namun jadwal waktu belum ditetapkan KPU. Pastinya hari ini KPU Rohul sudah mengakui atas kepemimpinan Koko Iskandar dan Nasrul Hadi, sebagai Plt Ketua dan Wakil Ketua DPC PD Rohul,” tegas Jenewar.

***Sukiman Tetap Berhak Maju***.

** Sementara itu Ketua KPU Rohul, Jonnaidi Dasa, kepada wartawan mengatakan, pertemuan kedua belah pihak akan dilakukan, namun penetapan jadwal menunggu rapat internal.

Dalam rapat tersebut, akan dikaji ulang segala hal tentang dukungan ganda DPC PD Rohul. Menurutnya, Sukiman sudah sah pencalonannya, sebab sudah mendaftar ke KPU sebelum diserahkan adanya pergantian pengurus DPC PD Rohul dari DPP PD.

“Pada saat proses, mereka tidak bisa memenuhi apa yang kita minta. permasalahan sendiri timbul setelah Sukiman mendaftar, sementara kelengkapan-kelengkapan mendukung Ahmad Syukri (Asri) yang kita minta tidak ada diberikan sebelumnya,” jelas Jonnaidi.

Dikatakan Jonnaidi lagi, semua keputusan atas penetapan Sukiman-Arisman tidak bisa lagi dicabut, sebab sudah disetujui komisioner KPU Pusat, namun kedua belah pihak bisa membicarakannya nanti.

“Pembantalan pencalonan Sukiman-Arisman tidak mungkin lagi, sebab semua persyaratan dan pendaftaran beliau sudah dilakukan sebelum ada keputusan pergantian pengurus DPC PD Rohul dari DPP PD,” ujarnya.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

2 comments on “Kader PD Desak KPU Coret Sukiman

  1. politik saya nggak ngerti sama sekali kecuali kesamaan kepentingan…yang saya tau KPU bekerja berdasarkan peraturan dan perundang undangan yang berlaku…sebaiknya masalah ini di selesaikan di ranah hukum !

  2. Betul Pak, Sabri! menjelang Pemilukada di setiap daerah dimanapun di Indonesia memang rawan terhadap demo baik itu menolak maupun mendukung salah satu calon. Namanya juga ranah politik, semuanya pasti ada unsur politiknya. Kita berharap tidak akan terjadi hal-hal yang akan merugikan masyarakat banyak… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s