Termasuk Sukiman, KPU Rohul Tetapkan 6 Peserta Pemilukada 2011

Kamis, 16 Desember 2010 17:12

Meskipun sudah tiga hari terus didemo, namun KPU Rohul tak bergeming dan tetap meloloskan Sukiman menggunakan perahu Partai Demokrat. Lima pasangan lain juga dinyatakan berhak ikut Pemilukada 2011.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hulu, menetapkan enam pasangan bakal calon (Balon) pasangan, berhak maju pemilihan umum kepala dan wakil kepala daerah (Pemilukada) Rohul periode 2011-2016.

Perihal itu dikatakan Ketua KPU Rohul, Jonnaidi Dasa, didampingi anggota KPU Rohul lainnya, Ramzi Durin, Khairul, Asri Siregar, dan Ketua Pokja Kampanye dan Media Center KPU Rohul, Abdul Razak, pengganti dari Indra Ramos, di aula Kantor KPU Rohul, kepada wartawan melalui konfrensi pers, Kamis (16/12/10) pukul 15.00 Wib.

Dijelaskan Jonnaidi, ke enam Balon pasangan tersebut, lolos ke tahap selanjutnya, sesuai surat keputusan dan berdasarkan berita acara dari rapat pleno KPU Rohul dengan Nomor 421/BA/XII/2010.

“Mereka dinyatakan lolos setelah kami lakukan penelitian dan verifikasi semua berkas persyaratan Balon sampai batas akhir pendaftaran pasangan beberapa waktu lalu,” jelas Jonnaidi, kepada wartawan.

Lanjut dia, dari tahap penelitian dan verifikasi berkas persyaratan Balon pasangan, selanjutnya disimpulkan melalui rapat pleno yang dimulai pagi tadi hingga siang hari.

Ke enam calon bupati dan wakil bupati Rohul periode 2011-2016 yang dinyatakan lolos dan memenuhi syarat, sesuai nomor urut pendaftaran, yaitu H Zulkifli Yusuf SH dan Muzawir LS.SH, diusung 13 partai non parlemen, diantaranya Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Patriot, Partai Kedaulatan, Partai Peduli Bangsa, Partai Matahari Bangsa, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Karya Perjuangan, Partai Persatuan Daerah, Partai Pemuda Indonesia, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia.

Pasangan Drs H Achmad M.Si dan Ir Hafith Syukri MM, diusung oleh Partai Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kesatuan Nahdatul Ulama, dan Partai Persatuan Pembangunan.

Pasangan H Jhoni Irwan SH.MH dan Daswanto S.Ip, diusung oleh Partai Bulan Bintang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia, dan Partai Peduli Rakyat Nasional.

Sementara pasangan perseorang, Teddy Mirza Dal dan Drs H M Damsir Ali, juga dinyatakan lolos setelah dilakukan verifikasi suara dukungan melebihi dari ketentuan persyaratan suara yang sudah ditetapkan KPU sebelumnya, sebesar 24.333 suara.

Kemudian, pasangan Suparman S.Sos.M.Si dan Hamulian SP, hanya diusung oleh Partai Golongan Karya.

Dan ke enam, pasangan H Sukiman dan Arisman S.Sos, diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Hati Nurani Rakyat.

“Selanjutnya, Sabtu (18/12/10) pukul 09.30 Wib, akan dilakukan penetapan dan pengundian nomor urut peserta di Hotel Sapadia Pasirpangaraian,” terangnya.

PAN Didiskualifikasi, PPRN Milik Amelia

Dikatakan Jonnaidi lagi, untuk Partai Amanat Nasional (PAN), yang batal mengusung pasangan Susilo-Erizal (Suer) karena kebijakan partai, dikatakan Jonnaidi partai tersebut didiskualifikasi, sebab sesuai Peraturan KPU Nomor 13, saat pendaftaran partai politik dan gabungan partai politik bersama pasangan calon harus mendaftarkan diri, oleh sebab itu pasal itu tidak terpenuhi dari PAN.

Sementara itu untuk Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), karena dualisme sampai ke pusat, maka ketentuan yang dipakai adalah keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkumham) yang terbaru dan menetapkan Ketua Umum Amelia Yani dan Sekretaris Mauluddin Sitorus, yang turunan DPC nya di Ketuai Ali Imran Tanjung dan Sekretaris Tan Indra.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s