Siapkan Gugatan untuk KPU Rohul, PD Intruksikan Kadernya Dukung Ahmad-Hafith

Jum’at, 17 Desember 2010 06:52

Partai Demokrat menyiapkan gugatan terhadap KPU Rohul atas tetap diloloskannya Sukiman menggunakan perahu partai tersebut. Untuk dukungan, kader dan simpatisan diintruksikan dukung Ahmad-Hafith.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Ketua Pelaksana tugas (Plt) Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC PD) Kabupaten Rokan Hulu, Koko Iskandar, himbau seluruh Kader dan Simpatisan PD Rohul, tetap mendukung Achmad-Hafith Syukri (Asri) pada pemilihan umum kepala dan wakil kepala daerah (Pemilukada) Rohul 2011 mendatang.

“Seluruh pengurus anak cabang (PAC) PD Rohul sudah mendukung kita, sudah sepantasnya seluruh Kader dan Simpatisan untuk mendukung dan memenangkan pasangan Achmad-Hafith,” himbau Koko, kepada riauterkini, Jum’at (17/12/10).

Dikatakan dia, sesuai rekomendasi dari DPP PD, sudah jelas jika KPU sudah mengambil langkah keliru, sebab Sukiman bukan pengurus PD lagi dan sudah dipecat.

“Keputusan DPP PD sudah diatur dalam undang-undang (UU), dan KPU sudah mengabaikan rekomendasi tersebut, seharusnya itu tidak perlu terjadi,” katanya.

Terang Koko, sudah jelas PD merasa dirugikan oleh pihak KPU Rohul, dan sesuai surat dari DPP PD langsung kepada DPC PD Rohul, atas dasar tersebut secepatnya akan didaftarkan ke Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Pekanbaru, sebab KPU Rohul sudah menetapkan Sukiman lolos maju Pemilukada 2011 mendatang.

“Intruksi DPP PD sudah lama disampaikan. Jika ada kebijakan, atau proses apa pun yang merugikan partai dan menyalahi aturan, sudah sepantasnya dilakukan upaya-upaya hukum,” tegasnya.

Diakui dia, KPU Rohul sendiri sudah mengakui bahwa PD, dan mulai dari DPP PD juga sudah mendukung sepenuhnya pasangan Achmad-Hafith. Jadi tidak ada alasan KPU Rohul meloloskan pencalonan Sukiman dan Arisman.

“Sekarang kalau kita tanya ke KPU Rohul, ada tidak DPP berikan rekomendasi kepada pasangan Sukiman-Arisman, tentu mereka akan jawab tidak ada,” ujarnya.

Menurut Koko, ada beberapa hal peraturan-peraturan KPU yang salah, sebab sudah mengatakan ada kepengurusan ganda di tubuh DPC PD Rohul. Kemudian, sesuai peraturan KPU Nomor 13, dijelaskan klarifikasi seharusnya langsung ke DPP, namun KPU Rohul hanya melakukannya secara informal, itu juga melalui KPU Pusat Jakarta.

“Formalnya, KPU Rohul berangkat ke DPP PD, Jakata, atas rekomendasi KPU Kabupaten dan KPU Provinsi, namun ini tidak dilakukan oleh mereka,” terang Koko.

Dikatakan dia lagi, diduga ada asumsi KPU Rohul jika PD akan mendukung Sukiman, namun itu tidak akan pernah terjadi, sebab seluruh PAC Rohul sudah sepakat untuk memenangkan Achmad-Hafith.

Lanjut koko, dalam waktu dekat akan dilakukan musyarah mengenai masalah ini di Hotel Sapadia Pasirpangaraian, namun jadwal belum dapat dipastikan. “Dalam musyawarah tersebut, kita akan bahas semuanya, termasuk masalah dukungan dan memenangkan Achmad-Hafith. Untuk itu kepada seluruh Kader dan Simpatisan jangan mudah terpengaruh atas intruksi dari luar partai,” himbau Koko lagi.

**Tergugat Akan Mengikuti Proses Hukum**.

Ketika disinggung riauterkini, mengenai sikapnya dalam menghadapi tuntutan hukum Sukiman, Koko dan pengurus PD lainnya sebagai tergugat akan mengikuti proses hukum tuntutan hukum dari Sukiman, walau ada jalan untuk menyelesaikan permasalah partai dilakukan secara internal.

Kata dia, Pengadilan Negeri Pasirpangaraian tidak bisa menolak pengajuan hukum seseorang. Atas hak individual, siapa pun mendaftarkan tuntutan jika merasa dirugikan oleh orang lain.

Namun terkait tuntutan Sukiman, dirinya dan pengurus PD lainnya sebagai tergugat tidak akan mencabut keputusannya dan menyerahkan kembali jabatan kepada Sukiman.

“Apalagi dengan melakukan mediasi, itu tidak mungkin kita lakukan, karena akan merugikan pihak kita sebagai tergugat. Sebab dalam proses hukum, mediasi yang dilakukan akan mengutamakan tuntutan penggugat. Jadi kita akan ikuti semua proses hukum tersebut,” tegas Koko.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s