KPU Rohul Tetapkan Nomor Urut Peserta Pemilukada 2011

Sabtu, 18 Desember 2010 16:08

Setelah dua hari lalu melakukan penetapan enam pasangan peserta Pemilukada 2011, KPU Rohul melanjutkan tahapan dengan menetapkan nomor urut keenam peserta.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Enam pasangan calon peserta pemilihan umum kepala dan wakil kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Rokan Hulu periode 2011-1016, Sabtu (18/12/10), mendapatkan nomor urut peserta.

Penetapan nomor urut peserta pasangan calon, dilakukan bersamaan dengan rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rohul, di Hotel Sapadia Pasirpangaraian, dimulai pada pukul 09.30 Wib.

Pencabutan undian dilakukan secara rahasia, menggunakan Bola Bilyar tertera angka 1 hingga 6 yang dibungkus kertas emas, sesuai jumlah pasangan calon. Pengambilan bola, berdasarkan nomor urut pasangan saat pendaftaran ke KPU. Secara bersamaan, pembungkus dibuka, masing-masing pasangan calon menunjukkan ekspresi berbeda ketika melihat angkat di bola bilyar tersebut.

Dari hasil pengambilan nomor urut tersebut, pasangan Zulkifli dan Muzawir mendapatkan nomor 1. Disusul pasangan Sukiman dan Arisman, yang mendapatkan nomor urut 2.

Pasangan yang mendapatkan nomor urut 3 yaitu pasangan Jhoni Irwan dan Daswanto. Kemudian nomor urut 4 didapatkan pasangan Suparman dan Hamulian. Sedangkan pasangan incumben Achmad dan Hafith Syukri, mendapatkan nomor urut 5. Selanjutnya pasangan perseorangan (independen) Teddy Mirza Dal dan Damsir Ali, mendapatkan nomor urut paling buncit, yaitu nomor urut 6.

Pasangan Sukiman-Arisman (Sukma), tampak sumringah mendapatkan nomor urut 2, keduanya tanpa sadar melompat-lompat, layaknya sedang bermain lompat tali, sambil mengacungkan jari telunjuk dan tengah, sesuai nomor urutnya. Begitu juga pasangan Suparman-Hamulian (Supaham), keduanya langsung mengangkat poster foto keduanya, bertuliskan nomor urut 4.

Disela-sela acara tersebut, Ketua KPU Rohul, Jonnaidi Dasa, kepada riauterkini mengatakan, usai pencabutan nomor urut, selanjutnya pada tanggal 30 Januari 2011 hingga 12 Februari 2011 mendatang, dilakukan tahapan kampanye.

Dalam kegiatan kampanye tersebut, seluruh pasangan calon dan tim pemenangan, melaksanakan tahap kampanye dalam meyakinkan para pemilih untuk mendapatkan dukungan sebesar-besarnya, dengan menawarkan visi, misi, dan program pasangan calon secara lisan atau secara tulisan, sesuai pasal 76 ayat (1) undang-undang Nomor 32 tahun 2004, sebagaimana diubah menjadi UU Nomor 12 tahun 2008, dalam jadwal waktu yang ditetapkan KPU.

“Bentuk kampanye boleh dilakukan di media cetak, elektronik, secara berulang-ulang, bentuk tulisan, gambar, animasi, promosi, suara, peragaan, sandiwara, debat, dan bentuk lainnya yang berisi ajakan, himbauan untuk memberikan dukungan kepada pasangan calon,” jelas Jonnaidi, Sabtu (18/12/10).

Dikatakan Anggota KPU Riau, Alimin Siregar, dalam arahannya, bahwa pengundian nomor urut baru memasuki satu tahapan. Selain ucapan selamat, ia berharap juga berharap seluruh pasangan calon memiliki kearifan (local wisdom) .

“Melayu adalah kesopanan, kejujuran, dan kearifan. Walau seluruh pasangan calon sedang berkompetisi dan bersaing, tetapi harus dilakukan secara jujur, sehat, serta sesuai adat, istiadat dan agama, sehingga tidak menimbulkan benturan-benturan di masyarakat ke depannya,” himbaunya.

Harap Alimin, seluruh pasangan calon harus menjadi potret positif di mata masyarakat, dengan mengedepankan kesopanan. Menurutnya, KPU seperti penghias pengantin, ketika pengantin itu masuk ke kamarnya dan acara selesai, maka KPU terlupakan.

“Ibarat siput atau keong yang selalu membawa rumahnya kemana pun, seperti itulah tugas KPU. Tidak ada yang bisa menekan, sebab kita digaji pemerintah, sehingga harus bersikap netral dan independen,” ujarnya.

Sebelum Pleno ditutup, KPU Rohul berkesempatan me-launching Website di acara tersebut. Dalam Website dengan alamat http://www.kpu.rohulkab.co.id, akan memuat sejumlah kegiatan KPU Rohul selama ini, hingga berakhirnya tahapan Pemilukada Rohul mendatang, mulai kebijakan baru KPU, dan jadwal kerja lainnya.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s