Digelar Sidang Perdana Gugatan Sukiman pada DPP PD

Selasa, 21 Desember 2010 17:00

Kasus pemecatan Sukiman sebagai Plt Ketua DPD II Partai Demokrat Rohul memasuki tahap pembuktian hukum. PN Pasirpangarian menggelar sidang perdana gugatan Sukiman terhadap SK DPP PD.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN– Sebab dua kali mediasi gagal, gugatan Mantan Plt Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat (DPC PD) Kabupaten Rokan Hulu, Sukiman, kepada tergugat I Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PD Riau, dan tergugat II Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PD Jakarta, berlanjut ke pengadilan, Selasa (21/12/10).

Dikatakan kuasa hukum Wakil Bupati (Wabup) Rohul, Sukiman, dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Bahtera Juang Bangsa Pekanbaru, Bambang H Rumnan SH, didampingi Gustiarti SH, konflik di tubuh PD Rohul tersebut, sudah dua kali dilakukan mediasi dengan tergugat I dan II, yaitu pengurus DPD PD Riau dan DPP PD Jakarta. Namun karena menemui jalan buntu, tuntutan gugatan perdata Sukiman, berlanjut ke pengadilan.

“Pemecatan Sukiman tidak ada surat keputusan resmi dari DPD dan DPP, itu sudah menyalahi aturan hukum Negara dan partai. Untuk itu kami mendaftarkan tuntutan perdata ini ke pengadilan,” terang kuasa hukum Sukiman, Bambang H Rumnan SH, kepada wartawan usai sidang perdana gugatan perdata, di PN Pasirpangaraian, Selasa (21/12/10) .

Jelas Bambang, walau Muscab PD Rohul II, sudah dilakukan dan memilih Bupati Achmad sebagai Ketua Defenitif PD Rohul, namun pihak Sukiman tetap ajukan gugatan hingga posisi Sukiman sebagai Plt Ketua DPC PD Rohul dikembalikan.

Berdasarkan legalitas Surat Keputusan (SK) Nomor 28/SK/DPP.PD/DPC/I/2010, tanggal 29 Januari 2010, oleh DPP PD menerbitkan legalitas SK Nomor 163/SK/DPP.PD/DPC/III/2010, tanggal 30 Maret 2010, tentang susunan nama dan jabatan pengurus DPC PD Rohul.

“Artinya, SK Nomor 28/SK/DPP.PD/DPC/I/2010, merupakan implementasi dalam mempertegaskan jabatan klien kami (Sukiman.red), dan merupakan amanat secara konstitusional serta sah secara hukum,” jelasnya.

Kuasa hukum tergugat I dan tergugat II, DPD PD Riau dan DPP PD, Rahmad Zaini SH, didampingi Suharmansyah SH, mengaku pihaknya tidak melakukan tahap mediasi, sebab pemecatan Sukiman sudah sesuai prosedur hukum yang berlaku.

“Kita sudah lakukan mediasi, namun karena tidak sesuai dengan keinginan kami, maka tuntutan penggugat akan kita ikuti hingga akhir proses persidangan,” jelas Rahmad, kepada wartawan.

Sidang perdana gugatan Sukiman tersebut, di pimpin Ketua Majelis Hakim, Hendri Irawan SH, dengan anggota AB Manalu SH, dan Daniel Sigalingging SH, dimulai dengan tahap mediasi pada pukul 10.00 Wib, dan berlanjut sidang pada pukul 11.00 Wib. Sidang akan dilanjutkan pada 11 Januari 2011 mendatang, atas permintaan Kuasa Hukum DPD dan DPP PD.

Dikatakan Rahmad, waktu tenggang dua minggu tersebut, merupakan persiapan pihaknya untuk memikirkan langkah yang akan diambil kedepan, setelah mendengarkan pembacaan tuntutan dari kuasa hukum Sukiman.***(zal)

Sumber: http://www.riauterkini.com

Advertisements

2 comments on “Digelar Sidang Perdana Gugatan Sukiman pada DPP PD

  1. Ya, perang aj, yg punya buanyak duit yang menang,BUPATI ACHAD kan bauanyak DUIT, beli ketum DPC aja berani 1 M utk menjegal siapapun lawannya, Mana proyek GENSET 45M ,kan jd brg rongsokan tuh brg2, tanggung jawab dong pak BUPATI, uang Rakyat di hambur2, sisanya masuk saku yaaaaaaaaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s