Pemkab Rohul Salurkan Insentif Pengurus Masjid dan Guru MDA

Kamis, 30 Desember 2010 16:56

Para pengurus masjid dan guru MDA serta TPA mendapat perhatian khusus dari Pemkab Rohul. Bantuan insentif dipastikan tersalur tepat sasaran.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, sudah bayarkan insentif untuk pengurus masjid dan guru Taman Pengajian Alqur’an (TPA) dan Madrasah Diniah Aliyah (MDA).

Insentif yang diserahkan, antara lain untuk insentif 596 Imam masjid se Rohul, sejak lima bulan terakhir, sebesar Rp1,490 miliar. Untuk insentif 596 Ghorim, masjidselama lima bulan sebesar Rp894 juta. Untuk 117 Mursyid Surau Suluk, selama lima bulan Rp292,5 juta.

“Sementara insentif untuk 1.715 guru TPA dan MDA, total insentif Rp2,058 miliar, dan total keseluruhannya mencapai Rp4,734 miliar,” papar Bupati Achmad, dalam arahannya pada pertemuan bupati dengan imam, dan khatib masjid se-Rohul di Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian, Kamis (30/12/10).

Jelas dia, total insentif Rp4,734 miliar, rinciannya untuk insentif Imam Masjid Rp500 ribu per bulan. Ghorim Masjid Rp300 ribu per bulan. Insentif Mursyid Surau Suluk Rp500 ribu per bulan.

Lanjutnya, pemberian insentif ini merupakan komitmen Pemkab Rohul untuk kemajuan Agama Islam di ‘Negeri Seribu Suluk’. Selain pelatihan untuk iman Masjid Agung Islamic Center Pasirpangaraian, imam masjid se Rohul juga akan diberikan pelatihan dalam memimpin Shalat berjamaah.

“Segala permasalah akan dipetakan dan diinventarisasi, tujuannya untuk memakmurkan masjid yang ada. Begitu pun, para Mubaligh ditingkatkan wawasan dan kualitasnya agar lebih baik, dengan memberikan pelatihan dan penataran,” ujarnya.

Keberadaan surau suluk juga tetap akan dikembangkan untuk lebih baik lagi. Selanjutnya, pemberian dasar agama kepada anak-anak, melalui TPA dan MDA, dalam mencetak 150 pria dan 150 wanita agar Hafith Alqur’an.

Ditambahkan Bupati Achmad, pada pergantian tahun 2010 menjadi tahun 2011, Pemkab Rohul akan melaksanakan Dzikir Akbar dan Muhasabah di Masjid Agung, Jum’at (31/12/10), usai Shalat Maghrib. “Diharapkan, tahun 2011 mendatang, akan lebih baik lagi,” harapnya.***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s