Bebas dari Kawasan Hutan, Mahato akan Dimekarkan Jadi 4 Desa

Kamis, 6 Januari 2011 08:08

Kawasan Mahato dipastikan telah dibebaskan dari hutan lindung, karena itu, Bupati Rohul Achamd minta kawasan tersebut dimekarkan menjadi empat desa.

Riauterkini-TAMBUSAIUTARA- Sebab luasnya kawasan Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara (Tambut), Rokan Hulu, serta tingginya jumlah penduduk. Dalam waktu dekat, direncanakan desa tersebut akan dimekarkan menjadi empat desa.

“Kepada panitia pemekaran desa, agar secepatnya melengkapi persayaratan, termasuk peta wilayah. Sehingga Desa Mahato secepatnya dimekarkan,” tegas Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, saat menghadiri peresmian 16 sekolah swasta yang diubah menjadi status negeri, di Desa Mahato Kecamatan Tambut, Rabu (5/1/11).

Selain itu, agar desa absah (legal), Bupati Achmad minta panitia pemekaran untuk melengkapi persayaratan yang diperlukan, baik jumlah penduduk, letak wilayah, serta geografisnya, sehingga segera diajukan ke pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohul untuk dibahas.

Desa Mahato Bebas dari Kawasan Hutan

Pada kesempatan itu, dikatakan Bupati Rohul, bahwa Desa Mahato dari pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) oleh pemerintah pusat beberapa waktu lalu, sudah terbebas dari kawasan hutan, bahkan digolongkan sebagai kawasan perkebunan dan pemukiman.

“Tidak ada kendala, namun saat ini kita masih menunggu pembahasan RTRW kabupaten lainnya untuk disahkan pemerintah pusat,” ujarnya.

Jelas dia, mulai saat ini, masyarakat dapat mengurus surat kepemilikan tanah. Dan kepada kepala desa (Kades) dan Camat, bupati berharap agar dapat memfasilitasi warga yang akan mengurus surat kepemilikan tanah.***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements

One comment on “Bebas dari Kawasan Hutan, Mahato akan Dimekarkan Jadi 4 Desa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s