Napi LP Pasirpangaraian Sukses Eksperimen Listrik Tenaga Air

Kamis, 6 Januari 2011 17:38

Sebuah inovasi penting dihasilkan warga binaan LP Kelas II Pasirpangaraian. Mereka sukses melakukan percobaan membuat pembangkit listrik tenaga air.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Selain budidayakan tanaman holtikultuta (tanaman hias, buah-buahan, dan sayuran), kerajinan serbuk gergaji, nasi basi, dan memproduksi pot bunga, Lembaga Pemasyarakat (LP) Klas II Pasirpangaraian, Rokan Hulu, juga berhasil lakukan eksperimen (uji coba) listrik tenaga air dan menghasilkan daya sebesar 1.300 Watt.

Dikatakan Kepala Lapas Pasirpangaraian, Tommy Kahar B.IP.SH.MH, didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Irman Jaya, eksperimen listrik tenaga air, sudah dilakukan sejak dua bulan lalu, dengan menggunakan dana swadaya.

“Biaya untuk eksperimen ini semua dana swadaya dari Lapas, sedangkan pelaksananya penghuni Lapas ini yang memang mempunyai keahlian mesin,” ungkap Tommy Kahar, kepada riauterkini, Kamis (6/1/11).

Pelaksana eksperimen, Asri, penghuni Lapas. Untuk eksperimen listrik tenaga air ini menghabiskan dana sekitar Rp3 juta. Peralatan yang digunakan juga sederhana, dan tidak mudah didapatkan dipasaran.

“Ide lahir sudah lama, ketika berada di Singapura selama setahun, disitulah ide saya lahir,” jelasnya.

Kata Asri, dia pernah di sebuah perusahaan bergerak di bidang mesin. Atas prestasinya, dia disekolahkan selama setahun di sekolah tekhnik Singapura. Dari situlah ia mengerti mesin, begitu pun basic tamatannya dari Sekolah Teknologi Menengah (STM) di Riau, jurusan mesin.

Lanjut dia, listrik tenaga air tidak menggunakan bahan bakar minyak (BBM), ini merupakan alternatif tenaga listrik mudah dan murah, sehingga bisa meminimalkan pengeluaran rumah tangga dan instansi. Dengan modal seember air (35 liter), mesin pompa air, aki (baterai) kapasitas 24 volt, kincir air ukuran kecil, dinamo berkapasitas 24 volt, bisa menghasilkan daya listrik sebesar 1.300 watt.

“Awalnya kita menggunakan air 75 liter, setelah dilakukan modifikasi hanya menggunakan air 35 liter,” jelasnya.

Dari daya 1.300 watt yang dihasilkan. Sebesar 1.195 watt mampu menyalakan lampu berdaya 40 watt, sebanyak 40 buah. Dan sisanya daya 105 watt, adalah untuk mengecas aki agar tetap mesin pompa air terus beroperasi.

***Cara Kerja Listrik Tenaga Air***

** Dijelaskan lebih jauh oleh Asri, bahwa Aki berkapasitas 24 volt berfungsi untuk menyalakan mesin pompa air. Selanjutnya air di dalam ember disedot mesin pompa air, dan dikeluarkan untuk menembak kincir air kecil yang berfungsi untuk memutarkan dinamo.

Dinamo yang berputar menghasilkan arus searah atau DC (Direct Current), selanjutnya arus masuk ke aki berdaya 24 Volt dan berubah menjadi arus bolak-balik atau AC (Alternating Current).

Selanjutnya arus dari Aki inilah yang mampu menyalakan 40 buah lampu bedaya 40 watt, atau menghasilkan daya sekitar 1.195 watt.

Menurut Kalapas Pasirpangaraian, Tommy Kahar, eksperimen sudah berhasil dilakukan, namun perlu penyempurnaan 100 persen. Jika memang berhasil, akan dikembangkan lebih jauh lagi, sehingga siap digunakan selama 24 jam.

“Jika ini sudah selesai, kita akan ceperkenalkan ke instansi mau pun masyarakat Rohul. Jika ada yang berminat, kita akan produksi untuk memenuhi kebutuhan listrik kantor mau pun rumah tangga,” jelas Kalapas, Tommy.***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements

33 comments on “Napi LP Pasirpangaraian Sukses Eksperimen Listrik Tenaga Air

  1. arus dari accu jadi arus ac pake inventer gak apakah tidak terjadi arus tabrak kalo sirkulasi arus melingkar ok makasih balsananya

  2. @Masagi: Sepetinya memang harus seperti itu, kalau tidak accu bisa pecah kalau dimasukkan arus AC, begitukan logikanya, teknisi? hehhe…

  3. tentu saja pakai inventer merubah aki24volt menjadi 1200wat sambil menharger ulang aki untuk mesin pompa memutar kincir seperti mesin sepeda motor kalau alternator berputar batrei terisi dan lampu rumah pun bisa hidup dengan bantuan inventer
    ,jenius booss,kembangkan terus

  4. slm jumpa, kebetulan posisi sya jauh dipedalaman kalbar,shgg utk mendapatkn accu 24volt dan dinamo 24volt agak sulit mengingat rata2 pake accu 12volt, yang jd masalah kalo charger kelebihan ampere maka daya dinamo akan berkurang dan bila ampere nggak sesuai charger accu maka pengisian daya accu akan melemah, bagaimana ya untuk sementara saya masih mencari alternatif penggunaan dinamonya dan mungkin saya akan pake generator punya genset gasoli 800watt, makasih atas informasinya.

  5. asslama…wr wb bagi yang beragama islam saya ucapakan banyak terimakasih kepada bapak TOMMY ,mungkin kedepan dg adanya artikel bapak mungkin akan mengubah energi altenatif semakin murah dan berkelanjutan bagi masy banyak, eksperimen demi eksperimen akan saya coba sampai maksimal krn saya msh ada rancangan cadangan yang serupa dg artikel diatas, maklum saya hanya lulusan SMU jd masih banyak2 bertanya melalui surel. wasslm….

  6. saya masih mencari generator induksi 1kwh dibawah 1000rpm bagaimana ya apakah merakit sendiri, kalo beli ada gak kira2 kalo produk 1000watt/ 1kwh

  7. @Masagi: Semangat, boss! doaku setia mengikuti langkah susksesmu.. 🙂

    Sebaiknya dirakit aja, boss! supaya temuannya dapat bermanfaat bagi orang banyak… hehhe…

  8. wah udah kucoba ternyata gak mampu mutar full generator gensetnya soal rpm gak sampai 3000, mau nyari generator yang 1Kwh rpm rendah blm ketemu brng nya soal jauh perjalanan mau 20 jam ke kota kabupaten, itu pun belum tentu ada brng nya, tlg kalo ada solusi krm kesya masagi.artan@yahoo.com ok thanks………

  9. Pak AJIRAMIAZAWA,

    Sy tertarik melihat artikel pembangkit listrik ini, cuma penasaran aja kok bisa yah..

    ada hukum fisika mengenai Hukum kekekalan energi, yaitu energi itu tetap hanya bisa di ubah saja

    contoh dari kecepatan/tekanan air (pompa) di ubah ke energi kinetik (kincir) atau gerak tapi pasti ada efficiency, (loss) perubahan energi ke energi panas (dinamo) bearing,
    sedangkan sumber awal dari AKI sebagai modal Listrik, apakah gak tekor kalau di pakai Kontinyu atau aki harus di bantu charge oleh PLN?

    pertanyaan saya :
    Berapa Tekanan Air yg keluar dari Pompa air ?
    Kincir kan berputar menghasilkan energi kinetik,berapa RPM kincir air ini?
    berapa RPM pada Dinamo, arus keluar Dinamo yang dikeluarkan ?
    Berapa arus yang di terima oleh Aki pd tegangan 24V?
    Bisa minta photo kincir, Dinamo, Pompa, yang di gunakan Pak ?
    Terima kasih atas perhatiannya

    Donny Sepriyadi, ST
    Pernah kerja jadi Mechanical Engineer di perusahan Jepang

  10. @donny sepriyadi :
    wahhh… pertanyaan bapak mantab sekali, dan ternyata bapak ahli juga di bidang listrik.
    kan saya usahakan kirim, gambar yang bapak minta melalui email.
    Terima kasih. 🙂

  11. pake gear box utk meningkatkan putaran supaya mendapatkan rpm yg di inginkan dari pancaran pompa air

  12. MAS saya penasaran sekali dngan mesin listrik ciptaannya……blehkah saya minta nmor hp mas saja…..biar lsng saya telpon,,,,,atau nmor hp saya 081348325003….krimkan saja sms x k nmr itu,,,,,,tlong mas ya…..saya jauh skali d daerah pdalaman….semntara ini cuma pkai imperter aja…saya kan kerjanya servis elektronik.jadi sangat perlu akan itu namax listrik

  13. Melihat pada gambar bahan2x itu apa mas
    apakah……
    1 . dinamo isi/////sering d pakai d mobil
    2 . pompa air //// hitaci listrik
    3 . aki 24 v
    apa itu benar mas….tapi mohon penjelasanx lebih detail….
    saya coba hitaci listrik pakai aki lsg eh engak mau cape deh…

  14. wow… sebuah inovasi yang bagus, saya rasa alat/mesin ini kalau dikembangkan bisa dipakai untuk sebuah kendaraan. Saya bangga akan bangsa ini, SUKSES.

  15. Melihat pada gambar apakah cara kerja alat itu seperti berikut ini pak, Arus Accu 24 V masuk ke inverter 220 volt AC, sebagian besar arus ( 1.195 watt ) untuk menyalakan lampu 40 watt 40 buah, dan sebagian arus ( 105 watt )untuk menghidupkan pompa air untuk memutar kincir/ turbin, selanjutnya turbin/ kincir menggerakan dinamo untuk mencas accu , Pada poros turbin dipasang Fly Wheel agar mampu memutar dinamo, Berapa ampere pak Accu nya?, apakah 100 ampere atau cukup 60 ampere saja.

  16. ide yang bagus…tp apa mungki?dari listrik>kinetik>litrik lg, apa kira2 gk tekor tuh btrai gan…

  17. pak ajira miazawa

    salut info listrik murah nya
    saya mau bertanya pak : apa itu alat sdh di uji coba ketahananya ?
    apa bsa nyala 24 jam ? atau bsa nyala berhari2 ….
    mohon dijelaskan .
    mohon dikirim gambar nya ya pak ke email saya. trims .

  18. saya rasa ada yang tidak benar dengan percobaan ini, karena dari segi hukum kekekalan energi maka tidak mungkin dinamo tersebut dapat mengembalikan konsumsi daya listrik yang digunakan untuk memutar dinamo by pompa, daya yang dikeluarkan akan lebih besar ketimbang daya yang dihasilkan karena ada rugi-rugi, walaupun ditambah gearbox, karena prinsipnya gearbox adalah merubah tenaga putar menjadi kecepatan putar. pada awalnya lampu dan pompa akan menyala karena ada energi potensial yang berlimpah dari accu, lama-kelamaan energi potensial yang tedapat pada accu akan habis, sehingga tidak ada lagi listrik untuk memutar pompa.

  19. Pak apa bisa di contohkan bagaimana cara membuat genset pompa air ini. mohon di bantu buat daerah pedalaman. terimakasih banyak

  20. aslkm ,mas saya boleh mnta foto2 dari awal pembuatan dan rangkaiannya ,terus hitungan2 output sama inputnya , trmiakasih ,saya ingin mempelajariny dan ingin mengetahui bila saya sudah memahaminya saya akan mencoba menerapkannya satu lagi matrial apa saja yg di perlukan, sekali lgi trimakasih, kirm via email saja mas bayunugraha021@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s