KPA Rohul Bantu Buku untuk Napi LP Pasirpangaraian

Senin, 17 Januari 2011 20:21


Napi Lembaga Pemasyarakatan Pasirpangaraian kini memiliki sumber ilmu berupa buku bacaan bermutu. Kondisi positif terwujud menyusul bantuan buku dari Kantor Perpusataan dan Arsip (KPA) ROhul.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Upaya meningkatkan ilmu pengetahuan untuk penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pasirpangaraian, Kantor Perpustakaan dan Arsip (KPA) Haji Mahidin Said, Kabupaten Rokan Hulu, pinjamkan ratusan buku ke lembaga tersebut.

“Tahap awal, pegawai Lapas dahulu yang menjadi anggota perpustakaan ini, sebab masih tahap penjajakan kerjasama,” terang KPA Rohul, H. Yulisman.SS.MM, saat penyerahan 50 eksemplar buku untuk Lapas, kepada Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Klas II B Pasirpangaraian, Irman Jaya, didampingi Kausubsi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan Sariani, dihalaman Kantor KPA Rohul, Senin(17/1/11).

Jelas Yulisman, KPA Haji Mahidin Said, baru kali pertama ini bekerjasama dengan Lapas Pasirpangaraian, untuk sementara pegawai Lapas yang boleh meminjam langsung ke perpustakaan, maksimal 50 buah buku per pegawaiuntuk jangka waktu pinjaman dua pekan sampai sebulan.

“Secara kontiniu, seluruh penghuni Lapas akan kita daftar sebagai anggota tetap perpusatakaan, sehingga mereka bisa meminjam buku sesuai keinginan ke perpusatakaan ini, namun petugas Lapas yang akan mengambil bukunya kemari, sesuai permintaan penghuni,” ujarnya.

Tambah Yulisman, buku yang sudah dipinjam, selama dua pekan hingga sebulan akan ditarik dan ditukar dengan judul buku lainnya. Tujuannya untuk mencegah kebosanan penghuni Lapas.

Kepala Lapas Klas II B Pasirpangaraian, Tommy Kahar B.Ip,SH,MH, melalui Kepala KPLP, Irman Jaya, mengatakan, ide timbul karena masih minimnya ilmu pengetahuan penghuni selama ini, diharapkan dengan adanya kerjasama seperti ini penghuni memiliki bekal ilmu pengetahuan setelah bebas dari tahanan.

“Sebelumnya kita yang mengusulkan ini ke pihak perpustakaan, ternyata mereka meresponnya. Untuk kita sangat berterimaksih, sebab sudah ikut membantu pelaksanaan program Lapas, yang sudah kita rancang sebelumnya,” kata Irman Jaya.

Diakui Irman, bantuan pinjaman buku ini, akan ditukar setiap bulannya, pihak Lapas sendiri akan memprioritaskan buku-buku agama, tujuannya agar para penghuni lebih banyak belajar agama selama menjalani hukumannya.***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s