Cabup Rohul Zulkifli Siap Bertanggung Jawab Soal Keracunan Massal

Rabu, 19 Januari 2011 19:30

Keracunan massal terjadi saat ratusan warga mengikuti kegiatan calon bupati Rohul Zulkifli Yusuf. Ia mengaku siap bertanggung jawab, baik membiayaan korban, maupun aspek hukumnya.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Calon bupati Rokan Hulu, Zulkifli Yusuf, Rabu (19/1/11), membayar biaya administrasi 12 pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasirpangaraian, yang merupakan korban keracunan massal pada acara sosialisasinya di Dusun Sempurna Alam, Desa Serombo Indah, Kecamatan Rambah Hilir, Senin (17/1/11) kemarin.

Terang Zulkifli, dari 25 pasien yang masih dirawat di RSUD Pasirpangaraian, 13 pasien masih dirawat inap, dan 12 pasien rawat jalan boleh pulang ke rumah masing-masing.

“Untuk mencegah hal ini tidak terulang, kami akan lebih berhati-hati lagi, begitu pun untuk semua pihak, ketika akan mengadakan suatu acara dan penyediaan makanan untuk para undangan,” terangnya, kepada riauterkini, di sela-sela membesuk pasien yang merupakan korban keracunan massal di RSUD Pasirpangaraian, Rabu (19/1/11).

Masalah insiden, dikatakan Zulkifli tidak ada hubungannya dengan politik, ia menganggap hal ini musibah yang tidak terduga atau tidak disengaja. Ia tidak mau berprasangka yang tidak-tidak atas kejadian ini. Dan jika terbukti bersalah, pihaknya siap ditindak dengan jalan hukum.

“O iya lah, membayar seluruh biaya administrasi korban di rumah sakit merupakan tanggungjawab moral kami, termasuk biaya seluruh biaya pengobatannya,” tegasnya.

Selain membayar biaya selama perobatan para korban di rumah sakit, Zulkifli juga akan membayar seluruh biaya perobatan selama dirawat Puskesmas Rambah Hilir I, termasuk biaya sekecil apa pun, selama para korban dirawat di rumah sakit atau Puskesmas tersebut.

Disinggung masalah permintaan keluarga korban atas terhentinya aktifitas mereka, Zulkifli mengaku akan menyelesaikannya dengan jalan mediasi dengan seluruh keluarga korban.

Usai menyelesaikan administrasi 12 korban yang keluar hari ini di RSUD Pasirpangaraian, Zulkifli menyempatkan diri membesuk kembali para korban di Ruang Mawar, Dahlia, dan membesuk Jalinar, seorang korban yang sempat mengalami kritis, Selasa (18/1/11) dinihari kemarin, di Ruangan Intensive Care Unit (ICU).

Informasi dari yang diterima riauterkini dari pihak RSUD Pasirpangaraian, untuk mengeluarkan 12 orang korban keracunan massal hari ini, Zulkifli membayar administrasi sekitar Rp2,9 juta.

*Bupati Achmad; “Segala Biaya Perobatan Ditanggung Pemkab Rohul”* .

* * Sementara itu Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, ketika membesuk para korban keracunan massal di RSUD Pasirpangaraian, Selasa (18/1/11) sore kemarin, mengatakan, segala biaya perobatan akan ditanggung oleh Pemkab Rohul melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2011.

Untuk itu, ia minta kepada seluruh keluarga korban agar tidak risau memikirkan masalah biaya perobatan selama dirawat di rumah sakit, mau pun di Puskesmas Rambah Hilir I, sebab seluruh biayanya sudah ditanggulangi Pemkab Rohul melalui uang dari rakyat (ABPD.red).***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements
By Ajira Miazawa Posted in Umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s