KPU Rohul Bahas Pelaporan Harta Kekayaan Bersama Tim Sukses Peserta Pemilukada

Rabu, 19 Januari 2011 19:26

Harta kekayaan peserta Pemilukada harus dilaporkan ke KPK. Untuk mensosialisasikan, KPU Rohul mengundang seluruh tim sukses keenam pasangan.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Seluruh dana kampanye pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu, diharapkan dilaporkan ke tim auditor akuntan publik, sehingga asal-usul dana termasuk penggunaannya jelas. “Untuk kekayaan pasangan balon sendiri, kita masih menunggu informasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” jelas Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rohul, Jonnaidi Dasa, kepada wartawan, di sela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) dengan semua tim sukses pemenangan pasangan calon, di Lantai II Hotel Sapadia Pasirpangaraian, Rabu (19/1/11). Jelas Jonnaidi, sesuai undang-undang Nomor 22 tahun 2007, tentang Pemilu, setiap kekayaan pasangan Balon Pemilu atau pun Pemilukada, wajib dilaporkan ke KPK, sehingga bisa diketahui jumlah harta Balon oleh publik. Paling lambat, sehari sebelum pelaksanaan hari ‘H’ atau pada pelaksanaan hari pemungutan suara, laporan kekayaan pasangan balon sudah diumumkan ke publik. Dan untuk dana kampanye pasangan balon, cukup dilaporkan ke tim auditor akuntan publik yang resmi. Dana kampanye dilaporkan tim sukses masing-masing pasangan Balon, sebagai bentuk laporan yang bisa dipertaggungjawabkan, sehingga diketahui dari mana asal usul dana dan digunakan untuk apa saja dana tersebut. Lanjutnya, dengan adanya laporan tersebut, bisa diketahui sumber dana, baik dari individu, atau pun perusahaan yang dimasukan ke rekening tim sukses, dan ada batasannya. “Kesulitan mengetahui dana kampanye Balon, seperti dana yang diberikan tanpa melalui rekaning. Tapi, setelah dilaporkan ke tim auditor,” ujar Jonnaidi. Terangnya, seluruh tim sukses dijadwalkan akan melaporkan dana kampanye yang ada di rekening masing-masing pasangan Balon ke tim akutan publik. laporannya dibagi tiga area, yaitu untuk pasangan Balon nomor urut 1 dan 2 dilaporkan ke tim akutan publik bernama Basaruddin. Untuk pasangan Balon nomor urut 3 dan 4 ke tim audit bernama Abrar, sedangkan pasangan balon 5 dan 6 ke akuntan publik bernama Bambang Mujiono.***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements
By Ajira Miazawa Posted in Umum

2 comments on “KPU Rohul Bahas Pelaporan Harta Kekayaan Bersama Tim Sukses Peserta Pemilukada

  1. @DenBagoes:
    Kita harapkan juga begitu, semoga Akuntan Publik yang ditugaskan untuk itu, bekerja secara maksimal sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka miliki. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s