Diskes dan Polres Rohul Kerjasama Selidiki Penyebab Keracunan Massal

Kamis, 20 Januari 2011 16:27

Kasus keracunan massal terus diselidiki. Untuk mengungkap penyebabnya, Dinas Kesehatan dan Polres Rohul terus bekerjasama.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN– Pasca keracunan massal 131 warga Dusun Sempurna Alam, Desa Serombo Indah, Kecamatan Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu, setelah menyantap nasi bungkus saat acara sosialisasi seorang pasangan calon bupati Rohul, polisi lakukan lakukan koordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul untuk ungkap kasus keracunan tersebut.

“Kita tetap lakukan kerjasama dengan Diskes Rohul, sehingga kasus keracunan kali ini bisa terungkap. Semua sample yang perlu diuji sudah kami kirimkan ke Laboratorium Daerah (Labda) dan BPOM Pekanbaru,” jelas Kapolres Rohul, AKBP drs Adang Suherman, melalui Kasat Reskrim Polres Rohul, AKP Antoni Lumban Gaol SH, kepada riauterkini di Pasirpangaraian, Kamis (20/1/11).

Dikatakan Kasat Reskrim, koordinasi dilakukan untuk mencegah tidak terulang pengungkapan kasus yang gagal seperti kasus keracunan sate di Pasar Muara Rumbai, Kecamatan Rambah Hilir pada Sabtu 18 September 2010 lalu.

“Pengungkapan kasus keracunan sate gagal disebabkan, jarak dan waktu pengambilan sample serta penyerahan ke Balai Pemeriksaan Obat dan Makanan (BPOM) Pekanbaru terlambat, dan sudah melebihi waktu maksimal, sehingga kasus itu tidak terungkap,” ungkap Antoni.

Namun untuk kasus keracunan massal ini, pihaknya optimis bisa mengungkapya, sebab sample sudah dikirimkan ke Labda dan BPOM Pekanbaru tepat waktu, tidak melebihi waktu minimal 24 jam.

Kata dia, polisi belum melihat ada unsur kesengajaan dalam kasus ini, namun akan titik terang setelah hasil pemeriksaan laboratorium dikirimakan. Sejauh ini, polisi sudah banyak memintai keterangan saksi, baik pengusaha katering, pihak pelaksana. Namun secara spesipik, bukan seorang atau kelompok yang diperiksa, tapi semua orang yang mengetahui, ikut merasakan (korban.red), dan orang yang menyediakan makanan, juga akan dimintai keterangannya.

“Sudah banyak saksi yang kita minta keterangannya, namun saya tidak mengetahui berapa jumlah saksi yang sudah diperiksa. Kedepannya, akan lebih banyak lagi saksi yang dimintai keterangannya,” ujarnya.

Menurutnya, kasus keracunan massal seperti ini, penanganannya tidak bisa semena-mena dan sembarangan, penanganan kasus ini beda dengan kasus lainnya, sebab berkaitan dengan makanan, sehingga ada tolok ukur dalam penanganannya.

Lanjutnya, polisi juga akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit jika hasil laboratorium sudah keluar. Setelah ada uraian, polisi akan lakukan koordinasi dengan ahli gizi, pihak kesehataan masyarakat, serta pakar pangan, tentang kelayakan makanan yang bisa dikonsumsi manusia. Sehingga bisa diketahui, apakah penyedia makanan memang mengetahui atau tidak, sehingga perlu dilakukan pendalaman kasus.

“Untuk pemeriksaan terhadap penyedia makanan sifatnya normatif. Alasan ia kepada kita hanya sebagai pengusaha Katering,” kata Antoni, seperti dituturkan Solihin, penyedia makanan, kepada pihak polisi. ***(zal)

Sumber: http://riauterkini.com

Advertisements

2 comments on “Diskes dan Polres Rohul Kerjasama Selidiki Penyebab Keracunan Massal

  1. pak kapolres, saya tau pelaku perampokan ternak sapi, fotonya ada sama pak kapolsek simp kumuh, nama nya sutikno, yg tekena razia di simp kumuh dengan mengendarai mobil avanza, dia lah yg slama ini mencuri ternak sapi di daerah sumatra,,,, tolong di sebarkan foto nya y pak, terima kasih

  2. @ananda: Kalau tau, sebaiknya laporkan saja langsung ke Polres Rokan Hulu. Sehingga ada efek jera kepada pelakunya. Semangat, boss! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s