KADIN Dukung Ambisi Pemerintah Cetak 500 Ribu Wirausaha

Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo B. Sulisto menyampaikan komitmen untuk mendukung pemerintah dalam upaya mencetak 500 ribu wirausaha baru yang berdaya saing global sepanjang tahun 2011.

Untuk itu Kadin Indonesia akan menginventarisasi seluruh potensi bisnis usaha kecil dan menengah melalui kadin daerah, asosiasi dan himpunan.

“Kadin akan mengoptimalkan perwakilan di setiap provinsi untuk bisa meningkatkan pembinaan dan pelatihan kewirausahaan, terutama di kalangan generasi muda dan UKM potensial agar bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik,” ungkap Suryo di sela-sela acara Pencanangan Kewirausahaan Nasional di Gedung Smesco UKM, Jakarta Rabu (02/02/2011).

Lebih lanjut Suryo menjelaskan bahwa pengembangan UKM harus dilakukan menyeluruh, mulai dari pelatihan dan pendampingan usaha sampai dengan penciptaan peluang bisnis. Salah satunya dengan memfasilitasi pemasaran melalui optimalisasi jaringan bisnis di dalam dan di luaar negeri agar pelaku usaha bisa semakin cepat menangkap peluang usaha.

Sementara itu, menurut Presiden Susilo B. Yudhoyono, saat ini negara telah menyediakan banyak peluang dan kesempatan bagi wirausahawan maupun calon wirausahawan untuk mengembangkan bisnisnya. Peluang tersebut berupa sumber daya alam (SDA) yang berlimpah, sumber daya manusia (SDM) yang besar, pertumbuhan ekonomi yang bagus, serta kebutuhan dan permintaan terhadap barang dan jasa yang tinggi.

“Wirausaha adalah pahlawan ekonomi rakyat. Mari bersama-sama rakyat seluruh Indonesia, kita kembangkan wirausaha,” kata Presiden dalam sambutannya.

Menteri Koperasi dan UKM Sjarifudin Hasan menambahkan, sekarang ini pemerintah mendorong wirausaha melalui pelatihan kewirausahaan, program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL),corporate social responsibility (CSR) program kredit usaha rakyat (KUR) dengan target 20 triliun rupiah tahun ini, PNPM Mandiri, dan pelatihan TKI.

Sumber: kadin-indonesia


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s