RIM Umumkan BlackBerry 7 OS, Bukan Untuk Perangkat Lama

Selain mengumumkan hadirnya BlackBerry Bold Touch, RIM pada acara BlackBerry World Conference kali ini juga mengumumkan OS BlackBerry 7.0. Sebelumnya RIM akan merilis OS baru ini sebagai BlackBerry OS 6.1 namun karena banyaknya peningkatan yang dilakukan maka OS baru ini dirilis sebagai BlackBerry OS 7.0.

Sistem operasi mobile ini dipasang pertama kali pada BlackBerry Bold 9900 dan Bold 9930 (alias Bold Touch) dan pada perangkat baru keluaran RIM. Sementara itu perangkat lama tidak akan mendapatkan update OS ini bahkan termasuk perangkat yang sekarang memakai BlackBerry OS 6.0 seperti Torch.

BlackBerry OS 7 memiliki fitur baru yang disebut BlackBerry Balance. Fitur ini akan memisahkan antara data personal dan data perusahaan di dalam handset. Pengguna misalnya dapat menghapus data perusahaan sementara aplikasi dan data personal tidak diganggu. Akses antaraplikasi juga bisa diatur sehingga aplikasi personal tidak bisa membaca berkas korporat, dan seterusnya.

Browser BlackBerry juga mengalami banyak perbaikan. Engine grafik dan JavaScript yang ditanamkan mampu meningkatkan pemuatan halaman termasuk operasi panning dan zoom yang mulus. Browser juga mendukung video HTML5. Sementara fitur Universal Search yang diperkenalkan pertama kali di BlackBerry OS 6 juga ditingkatkan sehingga bisa menerima masukan suara. BlackBerry OS 7 juga telah dipasang Docs To Go dengan semua fitur premium telah dibuka, setidaknya pada Bold 9900 dan Bold 9300.

Sayangnya BlackBerry OS 7 ini tidak dibuat berbasis QNX seperti OS BlackBerry PlayBook sehingga tidak ada aplikasi yang kompatibel di antara kedua sistem operasi ini, seperti halnya aplikasi iPhone di iPad.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s