Desa Pemandang Termasuk 10 Desa yang Sangat Tertinggal di Kab. Rokan Hulu

PASIRPENGARAIAN – Pemkab Rohul diminta memprioritaskan program pembangnan di  44 desa tertinggal dan desa yang sangat tertinggal di Rokan Hulu, Kecuali Kecamatan Ujung Batu. Menyusul dikeluarkannya Peraturan Bupati Rohul Nomor 272/2011, tentang Desa Tertinggal.

Hal tersebut disampaaikan Ketua Panitia Khusus (Pansus) RPJMD Rohul 2011-2016 Adam Syafaat MA IRK, sebelum pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Kabupaten Rohul 2011-2016 menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna di DPRD Rohul, Selasa (15/11).

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Rohul H Hasanuddin NSt SH didampingi Wakil Ketua Erizal ST. Hadir pada kesempatan tersebut Sekda Rohul Ir Damri mewakili Pemerintah Kabupaten Rohul, serta sejumlah kepala Satker, dan anggota DPRD Rohul.

Menurut Adam Syafaat, RPJMD merupakan pedoman pokok pembangunan untuk lima tahun, sejalan dengan masa tugas kepala daerah terpilih dan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Karenanya, ia meminta Pemkab memperhatikan desa tertinggal. Terutama dalam pelayanan keperluan dasar masyarakat berupa infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, air bersih, dan listrik yang belum terpenuhi.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Rohul ini menjelaskan, dari 44 desa tertinggal yang ditetapkan Pemkab, 10 di antaranya sangat tertinggal.

Selain itu, 34 desa tertinggal lain juga harus menjadi perhatian dan prioritas ke depan.
Ia menyebutkan, 10 desa yang sangat tertinggal  di Kecamatan Rokan IV  Koto adalah Desa Cipang Kanan, Cipang Kiri Hulu, Cipang Kiri Hilir dan Desa Pemandang. Selain itu, Desa Sungai Kuning di Kecamatan Tandun, Desa Pauh dan Desa Kasang Padang di Kecamatan Bonai Darussalam.

Daerah tertinggal lainnya adalah Desa Pasir Intan di  Kecamatan Bangun Purba, Desa Ulak Patian dan Desa Rantau Binuang Sakti di Kecamatan Kepenuhan.   Sedangkan 34 desa tertinggal tersebar di 16 kecamatan se-Rokan Hulu, kecuali Kecamatan ujung Batu.

Selain itu, prioritaskan pembangunan desa yang berada di daerah perbatasan Sumut, Sumbar, Bengkalis, Kampar, Siak, dan Rohil,’’ ujarnya.

Pansus, lanjutnya, meminta menetapkan kawasan cepat tumbuh, tidak hanya Kecamatan Rambah dan Ujung Batu. Tetapi menambahkan Kecamatan Kabun dan Tambusai Utara. Karena dinilai kawasan tersebut memiliki potensi dan cepat berkembang.

Pada kesempatan tersebut, ia juga meminta Pemkab segera menyusun Rencana Strategis (Renstra) SKPD, sebagai acuan pembangunan lima tahun ke depan dan penyusunan KUA dan PPAS serta APBD setiap tahun.

Selain itu, Pemkab diminta melibatkan perusahaan dalam setiap pelaksanaan Musrenbang setiap tingkatan, baik desa, kecamatan dan kabupaten. Sehingga, diharapkan ada partisipasi perusahaan di setiap bangunan yang menjadi kewenangannya.

Serta menetapkan personel-personel penting di SKPD, untuk menjalankan RPJMD lima tahun ke depan.(epp/rpg)

Sumber: http://www.riautoday.com

Advertisements

One comment on “Desa Pemandang Termasuk 10 Desa yang Sangat Tertinggal di Kab. Rokan Hulu

  1. Pingback: Desa Pemandang Termasuk 10 Desa yang Sangat Tertinggal di Kab. Rokan Hulu « www.pemandang.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s