PPTK Akui Kekurangan, Kontraktor Akan Perbaiki Kerusakan PLTMH Desa Pemandang


PEKANBARU (Riautimes)- Pejabat Pelaksana Teknis Pekerjaan (PPTK) Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hydro (PLTMH) di Desa Pemandang Kecamatan Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu, mengakui adanya beberapa kerusakan dan kekurangan PLTMH tersebut. Untuk itu pihaknya akan segera melakukan perbaikan.

Seperti putusnya jalan penghubung antara Desa Pemandang dengan Desa Tanjung Medan akibat tergenang air PLTMH sekitar 150 cm, Karman, PPTK pembangunan PLTMH Desa Pemandang menyebutkan tidak menduga terjadinya hal tersebut. Karman yang dihubungi melalui selulernya menyebutkan akan kembali mengajukan anggaran dalam APBD untuk meninggikan jalan yang tergenang tersebut.

Selain putusnya akses jalan antara dua desa, seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa PLTMH yang baru saja sebulan selesai dikerjakan ini pada bagian damnya juga mengalami kebocoran. Kebocoran tersebut akibat adanya sisa kayu pada dasar dam yang tidak dibersihkan, sehingga kayu tersebut lapuk dan menyebabkan dam bocor.

Masyarakat Pemandang menyebutkan, kondisi bangunan PLTMH Desa Pemandang sangat memprihatinkan. Bangunan bernilai 1.4 M ini seperti dikerjakan asal-asalan dan tidak. Terbukti, baru berselang satu bulan usia PLTMH ini, tetapi sudah terjadi beberapa kerusakan.

Sementara, terkait tudingan perencanaan awal pekerjaan yang tidak baik, Karman membantah kalau hal tersebut bukanlah tanggung jawabnya. Karman justru mengarahkan riautimes untuk menghubungi kontraktor pelaksana PT. Kumparan Sinar Mas.

“Dalam waktu dekat kita akan ke lokasi, mana bagian yang mengalami kerusakan akan diperbaiki oleh kontraktor pelaksana, karena masih dalam masa pemeliharaan. Untuk jalan yang tergenang air dam, akan kembali kita ajukan dalam APBD untuk ditinggikan,” tambahnya lagi.

Sementara itu, pihak kontraktor pelaksana PT. Kumparan Sinar Mas belum bisa dihubungi untuk dimintai komentarnya terkait PLTMH Desa Pemandang yang pembangunannya asal jadi ini. (Ndi)

Diposkan pada Sabtu, 20 Maret 2010 Melalui RiauTimes.

Sumber: http://webcache.googleusercontent.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s