Tips Desain Blog untuk Blogger

Tips Desain Blog Untuk Blogger

Saya ingin berbagi sedikit tips-tips desain blog untuk para blogger, mungkin selama ini anda tidak terlalu memperhatikan secara mendetail mengenai desain blog anda. Rata-rata hanya memilih template blog yang sesuai dengan keinginan tanpa memperhatikan lagi element-element yang ada dalam desain template tersebut.

Yang saya maksudkan element-element itu contohnya seperti font,  ukuran font, warna font atau warna background. Tips ini dimaksudkan agar blog anda lebih enak dipandangnya, karena tidak jarang seorang pengunjung/visitor, ketika mengunjungi sebuah blog dengan desain yang bagus/baik akan merasa betah apalagi didukung dengan artikel-artikel yang bermanfaat.

Silahkan anda simak beberapa tips-tips desain blog dari saya :

Pemilihan Font dan Ukurannya

Pemilihan Font yang baik menurut sebuah riset adalah menggunakan Font seperti Arial, Georgia, Verdana, Tahoma atau Times New Roman. Untuk mengecek font apa yang anda gunakan pada blog anda, biasanya font ini diletakan pada code CSS berikut :

1
body { font:      }

Bila font anda sudah masuk dalam kriteria font yang baik seperti yang saya sebutkan diatas, lewatkan saja tips ini.

Kemudian pemilihan ukuran font yang ideal itu besarnya 14px, 15px atau 16px. Silahkan anda perhatikan ukuran font di blog saya ini, mudah di baca dan tidak terlalu besar juga tidak terlalu kecil, saya menggunakan ukuran font 14px.

Gunakan font berwarna hitam untuk background putih atau terang

Hasil dari sebuah penelitian menegaskan bahwa font berwarna hitam pada background putih atau terang lebih mudah dibaca dari pada font berwarna putih pada background hitam. Untuk membaca lebih jauh mengenai font dan tipografi, anda bisa membaca artikel  6 Kesalahan Umum Pada Tipografi.

Penataan Sidebar

Penataan sidebar ini dimaksudkan pada 2 hal, yaitu iklan (banner) dan artikel (recent post atau popular post). Pertama mengenai iklan ( banner ), bila anda mengikuti sebuah bisnis atau program affiliasi atau misalkan anda membuka lapak pemasangan iklan dan anda ingin setiap pengunjung melihat itu.

Manfaatkanlah sidebar anda dengan bijaksana tentunya, rapikan penempatan banner-bannernya, jangan terlalu banyak memasang bannernya juga,mengapa? silahkan baca artikel mengenai 6 Faktor yang membuat pengunjung merasa tidak nyaman.

Yang kedua mengenai artikel (recent post atau popular post), buatlah sidebar anda sebagai fasilitas yang memudahkan pengunjung untuk menavigasi blog anda, pasanglah artikel-artikel yang menurut anda bermanfaat atau menarik untuk para pembaca blog anda.

Efisiensi

Efisiensi disini maksudnya, jangan sampai anda menggunakan aksesoris blog atau widget yang sama sebanyak 2 kali. Misalkan anda sudah menempatkan widget artikel terbaru disidebar kanan, tapi anda tempat kan juga disidebar footer. Kalau sudah seperti ini, pertama tidak efisien, yang kedua, salah satu widget artikel itu jadi kurang berguna (useless).

Mudah-mudahan bermanfaat !

Sumber: http://www.margasatrya.com

Advertisements

One comment on “Tips Desain Blog untuk Blogger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s